Minggu, 09 Januari 2011

Mitos Seputar Komputer

Sebagian orang  masih berpikiran hanya anak laki-laki saja yang suka main games. Ternyata anggapan seperti itu sudah kuno. Canggihnya laptop  mempermudah anak perempuan main game dan memainkan mini games atau game strategi hingga sepuasnya.
Mungkin juga masih ada orang yang percaya jika suatu file jika dihapus sekaligus dari folder dan ricycle bin, maka orang lain tidak bisa membuka kembali file tersebut. Atau menunggu selama 15 menit terlebih dahulu sebelum menghidupkan kembali komputer (reboot) yang sudah dimatikan. Konon cara ini dapat menghindari kerusakan komputer.

1. Tunggu 15 menit
Harus menunggu 15 menit sebelum menghidupkan kembali komputer yang sudah off, tergantung kondisi lempengan hard drive-nya. Mengapa? Karena lempengan tersebut berputar pada kecepatan di atas 10.000 rpm, dan perlu berhenti dulu sebelum proses reebooting. Jadi memang baik kalau harus menunggu beberapa saat sebelum mengaktifkan komputer lagi, mungkin 5 detik sudah cukup.

2. Keyboard terguyur minuman
Ada orang berkata, jika keyboard tersiran air atau minuman, segera cuci dengan air bersih. Sejauh tidak ada komponen atau nirkabel atau baterai di dalamnya, keyboard komputer boleh saja disiram dengan air. Tentu saja asal tidak dicuci dengan sabun, air hangat atau air panas, alat ini bisa digunakan seperti semula.

3. Penyimpanan file digital lebih tahan lama
Back up file digital dalam hard drive adalah langkah yang tepat  untuk dilakukan. Meski demikian menyimpan dalam bentuk digital memiliki resiko hilang lebih besar dibanding dengan cara lama. Alasannya file digital kemungkinan besar mengalami kerusakan ketika disimpan secara fisik. kepingan CD bisa macet dibuka karena ada goresan atau cacat lainnya. Sebagai back up lebih baik penyimpanan file digital digandakan.

4. Komputer sering dihidupkan dan dimatikan
Orang bilang komputer akan cepat rusak apabila sering dihidupkan atau dimatikan. Sebenarnya itu tidak sepenuhnya salah justru hal tersebut baik untuk komputer. Namun sebaiknya komputer segera dimatikan jika pekerjaan sudah selesai. Komputer juga butuh waktu untuk istirahat. Dianjurkan jika akan meninggalkan komputer selama beberapa jam, settinglah komputer dalam format sleep.

5. Apa yang dihapus akan hilang selamanya.
Kehidupan manusia kian dipermudah dengan adanya komputer. Entah urusan perbankan, menyimpan foto keluarga, mencari informasi seputar kesehatan dan sebagainya. Lebih nyaman lagi, begitu file yang disimpan sudah tidak penting lagi dan dihapus, maka semua akan hilang selamanya.
Apa benar ? Sebetulnya, data tersebut tidak hilang secara permanen. Hard drive yang menerima semua file buangan tadi masih menyimpannya. Komputer akan menandai bagian tersebut sudah tertimpa dengan file lainnya. Hal ini memperbolehkan sistem operasi untuk menulis di atas area tersebut.
Jadi hati-hatilah, sebelum "memindahkan" komputer kepada orang lain. Pastikan semua data benar-benar bersih daripada kelak mendapat masalah. Sudah banyak kasus terjadi karena file yang ternyata masih tersimpan dalam hard drive dapat dibaca oleh orang lain. Jika ingin data lama benar-benar hilang, rusak hard drive sampai berlubang supaya tidak bisa berfungsi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar