Rabu, 24 November 2010

Istilah Ngeblog di Blogspot

Berikut ini beberapa istilah yang sering kita jumpai dalam dunia ngeblog di blogspot :
    * RSS Feeds adalah sebuah file berformat XML yang dikeluarkan oleh situs web berita dan web blog yang menyediakan link tentang ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap bahkan gambar dan suara. RSS digunakan dengan berbagai tujuan termasuk : pemasaran, press release, laporan reguler produk atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan publikasi.

    * Theme, sekumpulan file PHP, HTML dan CSS yang bertugas menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengunjungnya. Apa yang tampil dan kita lihat ketika mengakses sebuah blog atau website ditentukan oleh theme. Theme adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan blog/website.
    * Blogger, layanan penyimpanan blog yang diciptakan oleh Pyra Labs, lalu dibeli oleh Google pada tahun 2003. Layanan ini sendiri terletak di www.blogger.com. Blog di-host oleh Google pada sub domain blogspot.com Sampai dengan 1 Mei 2010 layanan FTP memungkinkan pengeditan halaman melalui Blogger yang akan di publish ke host lain. Jika layanan ini dihentikan, semua blog blogger akan di host oleh Google, meskipun domain selain blogspot.com dapat digunakan.
    * Dasbor, dalam administrasi website, dasbor adalah halaman di bagian depan control panel untuk sistem manajemen konten suatu situs web. Contohnya seperti yang ada di Blogger dan di basecamp website.
    * Widget, sepenggal kode yang dipasang dan dieksekusi di dalam halaman web yang berbasis HTML oleh pengguna, tanpa perlu melakukan proses kompilasi. Widget ini diturunkan dari ide penggunaan ulang kode (code-reuse). Istilah lain yang digunakan untuk widget antara lain gadget, bagde, module, dan snippet. Teknologi yang digunakan untuk membuat widget, antara lain JavaScript, Flash, HTML, ataupun CSS.
    * Tag Cloud, disebut juga word cloud, penggambaran visual dari user-generated tag. Tag cloud biasanya digunakan untuk menggambarkan  topik dari isi sebuah website. Tag biasanya menggunakan kata-kata tunggal dan diurutkan secara alfabetis. Pentingnya tag ditunjukkan dengan ukuran font atau warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar