Rabu, 08 Desember 2010

Membersihkan Komponen PC

Membersihkan Komponen PC
Berhati-hatilah, jika akan membersihkan komponen PC, karena kalau sembrono akan berakibat fatal, antara lain menurunkan performa sistem atau dapat merusak komponen PC.
Berikut ini langkah yang harus dilakukan jika membersihkan casing dan komponen yang terdapat di dalam komputer :
1. Matikan dahulu semua arus hubungan listrik yang menuju PC.
2. Lepas semua konektor pada komponen PC dari moteherboard, antara lain : harddisk, RAM, CPU, CD/DVD drive, Power Supply dan sebagainya.

3. Kecuali mainboard, lepaskan setiap komponen dari dalam casis, selanjutnya bersihkan semua debu yang menempel dengan kuas kecil.
4. Ketika membersihkan kipas dan heatsink CPU, perhatikan thermal paste di bagian atas CPU yang menempel dengan dasar heatsink. Bila sudah habis, harus diganti dengan yang baru agar CPU tidak mengalami overheat.
5. Dalam membuka pendingin CPU harus hati-hati karena bagian ini cukup sulit dilakukan dan butuh peralatan tambahan guna menyungkit pengait heatsink pada socket CPU.
6. Pada bagian komponen yang sulit dilepas, gunakan penyedot debu untuk membersihkannya.
7. Penyedot debu juga digunakan untuk membuang kotoran dari slot memory dan socket CPU.
8. Jangan menggunakan cairan untuk membersihkan komponen PC.
9. Setelah selesai, pasang kembali semua komponen pada motherboard dengan hati-hati dan jangan ada yang tertinggal. Pasang semua koneksi termasuk power.
10. Nyalakan komputer. Jika Windows start dan berjalan normal, berarti pekerjaan yang dilakukan telah berhasil dengan baik.

Sumber : Dirangkum dari KOMPUTEK Edisi 668

Tidak ada komentar:

Posting Komentar