Selasa, 28 Desember 2010

Add-ons Populer Untuk Mozilla Firefox

Sebagai browser yang cukup dikenal di kalangan pengguna internet, Mozilla Firefox mempunyai berbagai macam fungsi tambahan. Yaitu dengan menggunakan add-ons sehingga membuat Firefox lebih dari sekedar browser biasa. Add-ons yang dibuat oleh Mozilla maupun dibuat oleh pihak lain, sangat menarik perhatian banyak pengguna Firefox sehingga mereka menjadi pengguna setia dari Mozilla Firefox.
Beberapa add-ons yang cukup populer, antara lain :
1. Adblock Plus 1.1.3.
Ketika saat melakukan browsing kita sering terganggu dengan adanya iklan-iklan pada browser, maka Adblock dapat dijadikan alternatif add-ons untuk mencegah munculnya iklan tersebut pada saat kita browsing.
Cara kerja dari Adblock Plus, dengan melihat request yang dilakukan oleh suatu halaman dan kemudian melakukan blok jika alamat dari request tersebut sesuai dengan filter pada Adblock Plus. Saat pertama kali Adblock diinstal pada Firefox, Adblock telah memiliki daftar filter standart yang dibuat oleh pengguna Adblock sebelumnya dan secara berkala akan ditambah daftarnya.
Pengeblokan dilakukan dengan cara menghapus iklan-iklan yang bukan merupakan bagian dari halaman web, yang di-download secara terpisah.
Untuk melakukan instalasi, cukup sederhana, anda dapat langsung ke alamat http://adblockplus.org/installation, lalu klik Install Adblock Plus 1.1.3. dan ikuti petunjuk yang ada untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah sukses terinstal, akan muncul tombol Adblock Plus di dekat search bar.
2. Personas 1.5.2.
Bosan dengan tampilan Firefox anda, pakai saja Personas untuk merubah tampilan dari Firefox. Terdapat ribuan theme yang disediakan dan ditambahkan secara berkala. Theme tersebut terbagi beberapa kategori, seperti fashion, film, alam, musik, olahraga, pemandangan, abstrak dan sebagainya.
Theme pada Persona berbeda dengan theme pada Firefox. Theme pada Firefox mengubah keseluruhan tampilan dari Firefox. Sedangkan Persona adalah theme yang secara khusus mengubah tampilan utama Firefox dengan button navigasi, toolbars dan menu yang tetap. Untuk menerapkan theme Persona, tidak perlu melakukan restart seperti halnya perubahan theme pada Firefox.
Untuk melakukan instalasi, langsung saja akses ke alamat www.getpersonas.com/en-US/#plus, dan klik saja button Get Personas for Firefox.
Setelah melakukan instalasi, untuk menggunakan Persona ada dua cara, yaitu kunjungi galeri pada alamat www.getpersonas.com/en-US/gallery, pilih salah satu theme yang secara otomatis akan mengubah tampilan Firefox. Cara kedua adalah mengklik icon rubah kecil yang ada pada pojok kiri bawah browser, lalu pilih theme Persona yang diinginkan. Mudah bukan !


Sumber : Tabloid PC Mild Edisi 08/2010

1 komentar: