Kamis, 30 Desember 2010

Cara Meningkatkan SEO

Berbagai macam cara dapat kita lakukan dalam rangka meningkatan SEO.
1. Buat Artikel Baru
Mesin pencari tidak menyukai postingan yang hampir sama, karena ada kemungkinan hasil pencontekan artikel dari blog lain. Kalau bisa membuat postingan baru, hasil karangan sendiri. Atau bisa juga mengambil artikel dari berbagai sumber (koran, buku, dll) yang dirangkum ataupun hasil dari terjemahan.
2. Selalu Update
Memposting artikel secara teratur adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan, karena mesin pencari akan mengecek apakah ada artikel baru atau tidak. Bisa rutin mengupdate 2 hari sekali, 3 hari sekali atau seminggu sekali. Yang penting harus rutin ! Intinya makin banyak artikel kita, makin banyak pula halaman yang bisa diindeks oleh mesin pencari.
3. Buat Sitemap (Peta Situs)
Sitemap adalah halaman web yang berisi daftar semua halaman pada blog kita, untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang dibutuhkan dan untuk mesin pencari agar dapat mengindeks halaman. Link sitemap anda harus diletakkan pada halaman awal. Peta situs dapat meningkatkan SEO.
Agar boot mesin pencari mau memeriksa seluruh situs anda dan memberi lebih banyak kesempatan untuk diindeks, gunakanlah generator sitemap. Dapat menggunakan ROR Sitemaps yang dapat dibaca oleh semua mesin pencari.
Selain menggunakan generator, ada layanan yang menyediakan Feed RSS yang bisa digunakan sebagai peta situs.
4. Hindari Halaman Dinamis Berlebihan
Halaman dinamis yang dimaksud adalah halaman yang berisi teks dan gambar yang dapat berubah otomatis tanpa dilakukan reload. Hal ini akan mempersulit pengindeksan oleh mesin pencari.
5. Ambil Kata Kunci yang Sesuai
Pilihan kata kunci yang salah merupakan kesalahan umum dalam pengoptimalan SEO. Memilih kata kunci yang tepat dapat meningkatkan SEO. Bantuan Google dengan memberi saran kata kunci, akan membantu menemukan kata kunci yang sesuai dengan blog anda.
6. Memasang Kata Kunci yang Panjang
Kata kunci yang panjang sangat berguna dalam pencarian. Kata kunci yang dimaksud adalah lebih spesifik dan dapat berisi nama produk, merek atau kota.
Ranking untuk kata kunci panjang relatif lebih mudah dan lebih baik daripada kata kunci yang pendek. Juga kata kunci yang terdapat pada tag judul sangat berpengaruh bagi mesin pencari.

1 komentar: